Minggu, 17 Juni 2012


Dialog islam dan kristen

Wilson H. Guertin, Ph.D.

PENDAHULUAN
                    Pada  abad-abad  yang  lalu  orang-orang  Katolik   mengusir orang-orang  Islam  dan  ajaran-ajaran  Muhammad keluar dari Eropa dan dari Dunia Barat. Apabila hal  itu  tidak  terjadi maka  akan  lebih  sedikit  memerlukan orang-orang Arab yang terpelajar dan guru-guru seperti Imam Mohamad  Jawad  Chirri untuk membawa pesan Tuhan ke Dunia Barat.
Orang  ini meninggalkan keluarganya dan teman-temannya sebab mereka melihat adanya kebutuhan penjelasan ajaran agama yang dibutuhkan oleh manusia dan tidak dipenuhi di Amerika.
                    Saya salah satu di antara orang-orang yang beruntung mengecap pelajaran dari Mohammad  Jawad  Chirri.  Saya  adalah  orang pertama   yang  dirubah,  tetapi  tidak  pernah  mempercayai Kristen, akan lebih jelas bila saya katakan bahwa saya  akan belajar  mempercayai  Tuhan  untuk yang pertama kali melalui Islam oleh Imam saya.
Bila anda adalah seorang Muslim bacalah  buku  ini  di  luar kewajiban  untuk  memperoleh  pengetahuan.  Bila anda adalah seorang Yahudi atau Kristen bacalah buku ini untuk yang sama yaitu beriman. Mempelajari  perbandingan  agama  mungkin  akan menggoyahkan bila anda mempercayai Tuhan  didasarkan  pada  alasan-alasan yang  tidak  rasionil  (menurut  akal)  tetapi  hanya  dapat memperoleh hasil  akhir  yang  diinginkan  yaitu  memperkuat kepercayaan.
 Kepercayaan   pada   Tuhan   seperti  digambarkan  di  dalam alasan-alasan  saya   harus   di   arahkan   sesuai   dengan arah/tujuan  yang diajarkan oleh ajaran agama itu. Bila anda tidak dapat menyatakan bahwa anda percaya pada  Tuhan,  anda masih dapat memperoleh nilai di dalam mempelajari agama.
                    Pada  halaman-halaman  yang berikut tentang dialog anda akan diyakinkan  beberapa  hal-hal  penting  berhubungan   dengan manusia  dan  akan  membawa kita pada sejarah. Pemikiran dan peristiwa-peristiwa  sejarah  adalah  sangat  penting,   dan barangkali  anda  juga menginginkan, seperti saya, menemukan jalan untuk mempercayai Tuhan melalui pemikiran dan sejarah.
 Negara Inggris lebih beruntung daripada kita di  Amerika  di dalam memiliki sejarah dan ajaran-ajaran Islam. Tiga  penulis  terkenal  di  Inggris  mengakui kebesaran dan
nilai Islam.
Mereka adalah:
   a. ARNOLD TOYNBEE, ahli sejarah.
   b. BERTRAND RUSSELL, ahli falsafah.
   c. GEORGE BERNARD SHAW, pengarang.
Di samping gambaran di atas,  kita  ingin  mengetahui  lebih lanjut tentang yang mereka utamakan.
Wilson H. Guertin, Ph.D.
University of Florida.
Pertanyaan :

WILSON:
                    Ada  beberapa  Agama  yang  tidak berani menerima pertanyaan yang berhubungan dengan ajaran-ajarannya Mereka  menasehatkan   pada   pengikutnya   agar   mengikuti petunjuk-petunjuknya   tanpa   mengujinya.  Mereka  menuntut keimanan, dan melarang berhubungan dengan setiap agama lain, sebab   hubungan   demikian  akan  menimbulkan  kebimbangan. Bagaimana sikap Islam  terhadap  pertanyaan-pertanyaan  yang berhubungan  dengan  ajaran-ajarannya  dan  memperbandingkan prinsip-prinsipnya dengan lain kepercayaan?
CHIRRI:
 Islam sangat bebas di dalam masalah ini.
                    Islam kadang-kadang menuntut kepercayaan dari anda  terhadap prinsip-prinsip tertentu, tetapi, pada waktu yang bersamaan, Islam  menasihati  anda  agar   anda   mencoba   mendasarkan kepercayaan  anda  dengan kenyataan. Islam membebaskan anda, menimbulkan   setiap   pertanyaan-pertanyaan    dan    tidak menyalahkan   anda   bila   anda  sangsi  (ragu-ragu),  bila keragu-raguan  anda  diikuti  dengan   usaha   keras   untuk mendapatkan kebenaran.
                    Bila   ada   agama   lain   yang   menasehatkan   anda  agar menghindarkan diskusi masalah pokok dengan  Agama  lain  dan membuat   anda  takut  menimbulkan  kemarahan  Tuhan  dengan melakukan hal itu,  Islam  membuat  anda  merasa  aman  dari kemarahan  Tuhan  bila anda mengejar penyelidikan anda untuk kebenaran.
                    Sebenarnya,  Islam  tidak  pernah  menasehatkan  anda   agar menjauhkan  diri  dari diskusi-diskusi yang mungkin mengarah pada ilmu pengetahuan yang baru dan penemuan dari kebenaran. Islam  memperbolehkan  diskusi  Agama  apakah itu Islam atau bukan Islam. Jangan bimbang dan takut akan kemarahan  Tuhan  sebab  Tuhan mencintai  kebenaran,  dengan  demikian  Tuhan  tidak pernah menyalahkan anda untuk mencari kebenaran.
 Sebaliknya, semakin banyak anda mencari  kebenaran,  semakin banyak anda diberi ganjaran dari Islam (Tuhan).
Ganjaran  yang  terbesar  dan  tindakan  yang berjasa dimata Islam adalah mendekati Agama dengan  semangat  seorang  ahli ilmu  pengetahuan  yang menyambut setiap kenyataan yang akan membuktikan teorinya (teori yang ia setujui).
WILSON:
Apakah Islam mempunyai patokan atau nasehat khusus  mengenai penyelidikan (pembahasan) Agama secara ilmu pengetahuan.
CHIRRI:
 Ada  beberapa  peraturan  (patokan) tertentu tercantum dalam Al-Qur’an untuk diikutkan dalam penyelidikan beragama  untuk menyelamatkan setiap kesimpulan yang mungkin dicapai.
 1.  Peraturan Islam yang terpenting yang harus diikuti ialah anda  tidak  akan   pernah   memegang   doktrin   bila   itu bertentangan  dengan  kenyataan,  juga tidak boleh mengikuti prinsip tanpa kenyataan.
                    Bila Tuhan menghendaki anda untuk mempercayai prinsip, Tuhan akan membuat hal itu terang dan nyata. Dia adalah teradil. Dia   mengetahui   bahwa  kepercayaan  tidak  terserah  pada seseorang. Untuk menggambarkan hal ini: tidak terserah  pada saya  untuk mempercayai bahwa saya berada diwaktu siang bila saya berada diwaktu malam.
                    Tubuh  saya  biasanya  menurut  perintah  saya,  jika   saya menggerakkan  tangan  saya,  naik  dan  turun, berjalan atau duduk, saya akan dapat melakukan  hal  itu.  Tetapi  ingatan saya  adalah  tidak di bawah perintah saya. Saya tidak dapat mempercayai atau tidak mempercayai segala sesuatu yang  saya ingin percayai.
Jadi,  saya  tidak  dapat  mematuhi perintah yang mengatakan pada saya untuk mempercayai bahwa dua dan dua  adalah  lima, atau  tiga  adalah  satu, atau api itu dingin atau salju itu panas. Pengetahuan manusia  datang  dari  kenyataan  langsung  atau tidak  langsung,  dan  tidak mengikuti tingkah dan keinginan kita sendiri. Kepercayaan Agama  yang  baik  harus  mencapai tingkat ilmu pengetahuan.
                    Bila  Tuhan  menginginkan  saya  untuk mengenal sesuatu, Dia akan  membuat  ilmu  pengetahuan  sedemikian   rupa   dengan berpegang  pada  kenyataan  yang  tersedia.  Dia  tidak akan menuntut dari saya untuk mempercayai  sesuatu,  padahal  hal itu bertentangan dengan kenyataan. Dia tidak akan minta saya melakukan  yang  tidak  mungkin.  Ini  bertentangan   dengan keadilanNya
                    Islam  tidak  pernah  menyalahkan  seseorang  bila dia tidak mempercayai sesuatu, sebab kurangnya bukti-bukti. Sebaliknya Islam akan menyesal bila anda mengikuti prinsip padahal anda merayap dalam gelap tanpa menyorot. kenyataan.
Anda akan malu  bila  prinsip  yang  demikian  tidak  sesuai dengan kenyataan.
Mengikuti  suatu  prisip  yang bertentangan dengan kenyataan sama halnya dengan pertimbangan pengadilan terhadap tertuduh tanpa saksi. Tindakan (sikap) yang demikian tidak terpuji.
 Dari Kitab Suci Al-Qur'an:
 "Dan  janganlah  engkau  turut apa yang tidak engkau kerahui sesungguhnya pendengaran,  penglihatan  dan  hati,  semuanya akan tnenerima pertanyaan." 17: 36.
 2.  Penelitian  yang  bersifat  beragama  tidak akan mencari popularitas dari doktrin agama masyarakat untuk  menunjukkan kebenarannya.
                    Banyak pengertian umum yang telah dibuktikan salah. Sekali  waktu, bangsa-bangsa di dunia percaya bahwa bumi ini datar  dan  matahari  bergerak  mengelilingi  bumi.  Manusia mempercayai   hal   itu  selama  beribu-ribu  tahun,  tetapi sekarang terbukti  bahwa  pengertian  yang  demikian  adalah tidak benar
                    Selanjutnya,  apa  yang  populer di suatu masyarakat mungkin tidak populer di masyarakat lain, dan banyak pengertian yang tidak  populer di suatu masyarakat mungkin sangat populer di masyarakat yang lain. Bila  popularitas  adalah  tanda  dari kebenaran,  semua  pengertian  yang populer walau berlawanan akan benar. Padahal kebenaran tidak pernah  berlawanan  satu dengan yang lain.
                    Waktu  Nabi  pertamakali datang untuk menyatakan konsep Satu Tuhan, pesannya tidak populer di setiap masyarakat. Bangsa-bangsa  di  dunia  adalah  orang-orang   yang   tidak percaya.  Ketidak populeran pesan Tuhan tidak mencegah bahwa pesan itu benar. Sebenarnya,  semua  Nabi  datang  dengan  pesan  yang  tidak populer.  Maksud  mereka  adalah  memperbaiki  sesuatu  yang populer tapi salah,  dan  mengganti  dengan  kebenaran  yang tidak populer.
 Kata Al-Qur'an:
"Dan  kalau  engkau turutkan kebanyakan manusia di bumi ini, tentulah mereka menyesatkan engkau dari jalan Tuhan.  Mereka hanya   menurutkan  persangkaan  belaka,  dan  mereka  hanya membuat kebohongan semata-mata." 6: 116.
 3. Islam menasihatkan pada setiap orang yang  telah  dewasa, sanggup melakukan penelitian Agama, untuk menguji Agama yang diwariskan dari  orang-orang  tuanya.  Warisan  Agama  anda, seperti Agama yang lain, perlu dibuktikan.
 Anda  boleh  mempercayai anggapan orang tua anda selama anda masih    anak-anak     dan     tidak     sanggup     membuat keputusan-keputusan sendiri.
                    Bila anda menjadi dewasa, Agama anda adalah menjadi tanggung jawab anda sendiri. Berhubungan dengan dan menghormati orang tua  adalah  salah  satu  perintah Tuhan (Islam), tetapi itu tidak berarti mengikuti  pendapat-pendapat  orang  tua  kita dalam  masalah-masalah  penting  seperti  masalah Agama bila pendapat-pendapat mereka itu salah.  Sebenarnya,   bila    orang-orang    tua    yang    mengakui prinsip-prinsip   Agama   yang   salah   dan  menuntut  dari anak-anaknya agar mengikuti prinsip-prinsip itu, maka mereka akan bertentangan dengan keinginan Tuhan.
                    Jadi,  jika  anda  mematuhi mereka, anda akan tidak mematuhi Tuhan. Dari Kitab Suci Al-Qur'an:
"Dan Kami wasiatkan (perintahkan) kepada manusia itu  supaya berbuat   baik  kepada  ibu-bapaknya.  Ibunya  mengandungnya dengan menderita kelemahan yang amat sangat dan  menyapihnya tatkala  anak  berumur  2  tahun.  Bersyukurlah kepadaKu dan kepada ibu-bapakmu. KepadaKu tempat kembali
Dan kalau keduanya memaksa engkau supaya mempersekutukan apa yang  tiada  engkau  ketahui  dengan  Daku, janganlah engkau turut, dan pergaulilah keduanya di dunia ini  dengan  secara patut.
                    Dan turutlah  jalan  orang  yang kembali kepadaKu.  Dan akan Kuberitakan kepadamu apa yang telah kamu  kerjakan."  (  31:14-15).
Islam  memerintahkan  anda  untuk  menguji ajarannya seperti setiap ajaran yang lain. Dengan demikian anda menilai  Islam lebih dari sebelumnya.
4.  Bila  anda  tidak  percaya  pada  setiap  Agama,  sangsi (ragu-ragu) terhadap seluruh konsep Agama, anda  tidak  akan puas dengan kesangsian anda. Ini adalah kewajiban anda untuk melindungi diri anda dan kepentingan anda di Dunia ini  dari setiap kejahatan dan kerugian.
Demikian  juga  anda  mempunyai tanggung jawab yang sama dan kewajiban  di  dalam  melindungi   keinginan   rohani   dari kerusakannya.
Pertanyaan anda yang serius tentang apa yang harus diberikan pada kehidupan rohani anda sama pentingnya dengan pertanyaan anda tentang apa yang harus diberikan pada kehidupan jasmani anda.
Untuk menjalankan  pertanggungan  jawab  anda  dan  memenuhi kewajiban  anda,  akan  diperlukan pertanyaan, apa yang anda sangsikan dari Agama.  Mungkin  karena  banyaknya  peristiwa yang menimpa anda yang membuat ragu-ragu.
                    Karena  itu  anda  harus  mencoba  mendapatkannya. Bila anda melakukan penyelidikan dan menghentikan seluruh  usaha  anda dan   tidak   berhasil   mendapatkan  kebenaran,  anda  akan dimaafkan oleh Tuhan. Tuhan meminta manusia hanya  melakukan yang mungkin untuk dia.
 Dari Al-Qur'an:
"God  does  not impose on a soul a duty but to the extent of its ability." 2: 286
Artinya:
 "Tuhan tidak memikulkan kewajiban kepada seseorang, hanyalah sekedar kekuatannya." 2: 286.
 5.  Bila  anda  melakukan penyelidikan Agama, jangan biarkan seseorang membuat keputusan untuk anda. Jangan percaya pada putusan orang lain  walaupun  dia  tulus dan berpendidikan.
                     Pada setiap kepercayaan ada guru-guru yang berpendidikan dan tulus. Bila anda membiarkan mereka membuat  keputusan  untuk anda   maka   anda   tidak   akan   berhasil,  sebab  mereka bertentangan satu sama lain. Kalau anda menggantungkan  pada guru-guru  dari  hanya  satu  kepercayaan dengan mengabaikan guru-guru dari kepercayaan yang lain, anda akan  dibelokkan.
Guru yang berpendidikan dan tulus dapat juga salah, dan anda tidak akan dimaafkan bila anda mengikuti petunjuknya.
Agama  anda  adalah  tanggungiawab  anda  dan  setelah  anda membuat  pertanyaan yang luas, anda hakimi sendiri diri anda dengan menggunakan akal anda.
Islam sangat bebas, sebab tidak takut diuji.
 Hanya yang takut gagal yang mencoba menghindarkan ujian.
 Dari Al-Qur'an:
 "And no bearer will bear other's burden ..."  (35:  18,  53:38)
 Artinya:
"Dan  seseorang  tidak  memikul  beban orang lain." (35: 18,53:38)

Categories: ,

0 komentar:

Posting Komentar

Subscribe to RSS Feed Follow me on Twitter!